Penyebab Payudara Nyeri Saat Menjelang Menstruasi

Sebagian kaum wanita terkadang merasakan rasa nyeri pada payudara ketika menjelang menstruasi atau haid. Bahkan tidak sedikit pula yang menjadi khawatir ketika mengalami hal semacam ini. Sebagai wanita mungkin Anda akan bertanya, apakah rasa nyeri pada payudara tersebut akan menimbulkan bahaya? Dan mengapa hal itu bisa terjadi?

Rasa nyeri pada payudara di saat menjelang menstruasi merupakan hal yang normal. Hal ini dikarenakan adanya perubahan pada hormon yang menyebabkan terjadinya perubahan pada saluran dan lobules payudara. Disetiap payudara memiliki sekitar lima belas hingga dua puluh lobulus yang bercabang-cabang menjadi lobulus yang lebih kecil. Dan setiap lobulus berujung pada sebuah bola. Dari dalam bola ini nantinya akan keluar cairan susu yang sebelumnya dibawa melalui saluran susu ke arah puting.

meremas payudara cewek

Payudara biasanya akan terasa nyeri dimulai selama setengah bagian kedua siklus menstruasi. Saat produksi estrogen meningkat dan memuncak tepat sebelum pertengahan siklus, maka produksi estrogen akan menyebabkan pelebaran pada saluran susu.

Setelah hal tersebut terjadi dan tepat sebelum menstruasi, hormon lainnya mengalami titik puncak yaitu progesterone dan kemudian menimbulkan pembesaran lobulus pada payudara. Hal semacam inilah yang selanjutnya menyebabkan ukuran payudara bertambah besar dan terasa nyeri.

Rasa nyeri pada payudara menjelang haid terkadang akan terasa ringan namun terkadang juga terasa sangat parah. Umumnya, pada wanita yang menggunakan pil KB biasanya tidaklah mengalami rasa nyeri akut. Namun, tidak sedikit pula beberapa wanita akan merasakan bertambah nyeri pada payudaranya menjelang menstruasi ketika mereka mengonsumsi kafein.

Namun, payudara terasa nyeri menjelang haid juga dapat dikurangi dengan cara mengonsumsi obat antiradang sederhana. Dan jika nyeri pada payudara terlalu parah dan menganggu aktivitas maka segeralah konsultasikan kepada dokter yang ahli dibidangnya.

Penyebab Payudara Nyeri Saat Menjelang Menstruasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andre