4 Tips Memilih Cincin Untuk Pernikahan

Selain mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kelancaran acara pernikahan yang tak kalah penting adalah memilih cincin perkawinan. Begitu banyak sekali pilihan model cincin pernikahan yang ditawarkan di toko-toko perhiasan yang tentunya akan membuat kebingungan bagi sepasang calon pengantin. Lalu, kira-kira cincin seperti apakah yang cocok dan juga pantas melekat di jari manis Anda dan pasangan Anda?

Dalam hal ini, setiap pasangan tentunya memiliki prefensi sendiri-sendiri. Namun yang harus Anda ketahui adalah bahwa memilih cincin pernikahan bukanlah sekedar melihat dari harga yang mahal ataupun desain yang menarik dan manis saja karena cincin tersebut nantinya bakal dipakai disepanjang usia pernikahan.

"Ada beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan. Mulai dari waktu, material, bujet hingga karakter dan profesi," seperti yang dikatakan oleh General Marketing Communication The Palace Tanya Alissia.


Nah, apakah Anda dan pasangan Anda saat ini sedang berburu cincin pernikahan? Jika iya, maka simaklah beberapa tips memilih cincin pernikahan ala Tanya Alissia agar sesuai dan tentunya Anda tidak akan menemukan rasa penyesalan dikemudian hari.

1. Masalah Waktu

Yang perlu dipertimbangkan pertama kali adalah masalah waktu. Hal ini sngat penting sekali, Tanya menyarankan, jangan baru berburu cincin pernikahan saat mendekati hari pelamaran maupun penikahan. Dari pengamatannya, banyak sekali pasangan calon pengantin membeli cincin secara dadakan. Disamping karena terdesaknya waktu dan juga menjadi terburu-buru tentunya cincin kawin yang akan didapatkannya pun juga menjadi kurang memuaskan. Dan dampaknya sudah pasti, penyesalan akan ditemukan dikemudian hari.

"Sebaiknya, mencari berbulan-bulan sebelumnya. Jadi, masih sempat melakukan penyesuaian desain dan ukuran bila memang diperlukan," ujar Tanya.

2. Masalah Desain

Untuk masalah desain ini memang sangatlah pelik. Jadi, usahakan Anda dan pasangan Anda saling mengerti dan memahami karena belum tentu cincin yang Anda sukai akan disukai juga oleh pasangan Anda dan sebaliknya. Terlepas dari selera pribadi, maka untuk memilih desain cincin sebaiknya sesuaikanlah dengan profesi pasangan. "Cincin yang penuh detail atau berhiaskan berlian yang timbul keluar memang cocok untuk karyawan kantoran, namun tidak untuk pekerja di lapangan," kata Tanya.

Namun bagi para pekerja outdoor dan ternyata masih menginginkan cincin pernikahannya berhiaskan berlian, jangan khawatir dan berkecil hati. Sebagai solusinya, Tanya merekomendasikan, pilihlah cincin yang berliannya tertanam di dalam batu cincin. Meskipun sedikit kurang bagus namun cincin berlian tersebut akan bisa terhindar dari gesekan-gesekan benda keras lainnya.

3. Meterial

Selain mempertimbangkan masalah waktu dan juga desain cincin pernikahan, material cincin juga perlu dipertimbangkan. Tak bisa dipungkiri, bahwa perkembangan teknologi, trend an mode sangatlah cepat sekali, jika jaman dahulu cincin pernikahan kebanyakan hanya berbahan emas kuning namun saat ini cincin pernikahan hadir dalam berbagai variasi material mulai dari emas kuning, emas putih, rosegold hingga platinum. Dari kesemuaan jenis material tersebut bisa dipilih sesuai dengan keinginan pasangan calon pengantin. Namun, bagi orang yang memiliki jemari yang besar maka sebaiknya peilihlah cincin dengan material yang cocok dan tentunya sesuai dengan warna kulit agar tidak terlalu menarik perhatian bagi siapa saja yang melihatnya.

4. Sesuaikan dengan Budget

Selain tiga hal diatas, yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah harga cincin pernikahan. Sebisa mungkin pilihlah cincin pernikahan yang sesuai dengan budget di kantong Anda. jangan terlalu dipaksakan, karena masih banyak hal-hal lain yang perlu Anda persiapkan agar acara pernikahan berjalan seperti yang Anda harapkan. Namun jika Anda memiliki uang lebih sebagai anggaran dalam membeli cincin pernikahan maka jangan sungkan dan ragu untuk membeli cincin pernikahan dengan kualitas yang bagus dan juga harganya yang mahal karena cincin yang Anda pilih itulah yang akan Anda pakai disepanjang usia pernikahan bersama pasangan Anda.

Dan itulah 4 tips memilih cincin yang cocok dan sesuai untuk pernikahan. Semoga bermanfaat.

4 Tips Memilih Cincin Untuk Pernikahan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andre