Waspadalah! 6 Makanan Ini Menjadi Penyebab Rambut Rontok

Rambut hitam yang terurai, subur dan indah adalah dambaan setiap orang, terutama bagi kaum hawa. Nah, apa jadinya jika ternyata rambut yang notabene sebagai mahkota kecantikan tubuh menjadi tidak sehat dan mudah rontok. Tentunya hal ini akan terasa mengganggu pada penampilan seseorang terlebih lagi bagi kaum perempuan.

Rambut mudah rontok bukan hanya disebabkan oleh zat-zat kimia pada produk perawatan rambut yang sering digunakan saja, namun bisa juga disebabkan karena kurangnya vitamin maupun makanan tertentu yang biasa dikonsumsi setiap hari.  


Seperti yang dilansir dari laman Boldsky, berikut ini adalah 6 makanan yang bisa menyebabkan rambut rontok :

1. Gorengan

Sudah bukan menjadi hal yang aneh lagi, bahwa dengan makan gorengan akan menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak dan tumbuh jerawat. Bukan hanya itu saja, bahkan makan gorengan juga bisa menyebabkan kekuatan rambut menjadi lemah dikarenakan kandungan lemak jenuh yang ada pada gorengan tersebut. Bahkan selain menjadikan kekuatan rambut menjadi lemah, lemak jenuh atau lemak trans yang ada pada gorengan juga bisa mengganggu keseimbangan hormon.

Jadi agar rambut senantiasa sehat dan tidak mudah rontok maka sebisa mungkin menghindari terlalu banyak mengonsumsi gorengan.

2. Makanan bebas gula

Maraknya penyakit diabetes atau penyakit gula akhir-akhir ini menjadi keluhan bagi kebanyakan orang sehingga kebanyakan orang cenderung lebih memilih asupan makanan bebas gula. Padahal biasanya makanan bebas gula tersebut kebanyakan menggunakan bahan pemanis buatan seperti halnya aspartam. Namun ternyata makanan dengan menggunakan bahan pemanis buatan justru lebih berbahaya ketika di konsumsi, bahkan bisa menyebabkan pertumbuhan pada rambut menjadi tidak sehat serta rambut mudah rontok.

3. Makanan kemasan

Kebanyakan makanan kemasan biasanya mengandung bahan pengawet, zat pewarna dan perasa buatan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan pengawet tentu saja akan berakibat buruk bagi kesehatan termasuk rambut. Zat Cochineal dan karmin pada pewarna buatan dapat menyebabkan rambut tidak sehat dan juga menyebabkan rambut rontok parah.

Jadi agar rambut senantiasa sehat dan tidak mudah rontok maka sebisa mungkin untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan kemasan yang menggunakan bahan pengawet, pewarna dan perasa buatan.

4. Terlalu banyak mengandung vitamin A

Semua orang tahu, bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A sangatlah baik untuk kesehatan mata, namun jika terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A maka rambut akan menjadi mudah rontok.

5. Makanan dari tepung terigu

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang terbuat dari tepung terigu seperti cake, roti tawar, cookies dan lain-lainnya juga dapat menyebabkan rambut rontok. Hal ini disebabkan karena tekanan darah akan menjadi lebih tinggi ketika seseorang terlalu banyak mengkonsumsi terigu.

Jadi sebisa mungkin hindarilah mengonsumsi terlalu banyak makanan-makanan yang terbuat dari tepung terigu agar rambut senantiasa sehat dan tidak mudah rontok.

6. Makanan yang tak higenis

Apakah Anda tahu mengapa mengonsumsi makanan tak higenis bisa menyebabkan rambut rontok? Ya, tidak diragukan lagi bahwa makanan yang tidak higenis itu mengandung jutaan bakteri jahat yang tentunya akan menyebabkan tipoid dan juga gangguan pada alat pencernaan.

Gangguan dari bakteri jahat yang terkandung dalam makanan yang tak higenis ini selain bisa membuat kesehatan tubuh menjadi terganggu ternyata juga bisa menyebabkan rambut rontok. Jadi sebisa mungkin pilihlah jajanan yang dijual secara tertutup dan terbungkus agar pencernaan tubuh tetap sehat dan juga rambut tidak mudah rontok.

Itulah beberapa makanan yang biasa kita jumpai disekeliling kita yang bisa menyebabkan rambut rontok dan juga berakibat buruk bagi kesehatan. Jadi, agar rambut Anda tetap sehat dan indah mempesona kurangilah mengonsumsi makanan-makan tersebut diatas secara berlebihan.

Waspadalah! 6 Makanan Ini Menjadi Penyebab Rambut Rontok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andre