Kamu Wajib Tahu - Inilah Perbedaan Zakat Fitrah Dan Zakat Mal Beserta Manfaatnya

Manusia sebagai makhluk sosial akan selalu membutuhkan orang lain di dekatnya. Oleh sebab itulah di dalam Islam terdapat istilah zakat. Dengan zakat kita dapat menyisihkan sebagian yang kita punya untuk membantu orang lain. Terdapat perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal, meskipun keduanya sama-sama masuk dalam katagori zakat. Oleh karena itu, pada artikel kali ini sedikit akan akan saya bahas mengenai pengertian keduanya agar kita lebih memahami arti penting dari Zakat Fitrah dan Zakat Mal.

Dasar Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Sebelum mengetahui secara rinci apa yang menjadi perbedaan antara Zakat Fitrah dan Zakat Mal, akan lebih baik memahami dulu bagaimana masing-masing zakat itu diberikan.

Zakat Fitrah adalah zakat yang bertujuan untuk menyucikan jiwa, pemberiannya adalah dimulai pada awal Bulan Ramadhan sampai waktu sebelum Shalat Idul Fitri. Jika diberikan sesudah shalat Idul Fitri, namanya sedekah bukan zakat.

Zakat Fitrah biasanya berupa beras 2,5 kilo gram dan diwajibkan bagi siapapun, baik laki-laki atau perempuan, baik yang sudah baligh ataupun belum.

Sedangkan untuk Zakat Mal mempunyai tujuan untuk menyucikan harta, dengan pemberiannya setiap satu tahun sekali menurut harta yang dimilikinya.

• Syarat wajib Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Terdapat persyaratan yang berbeda bagi orang yang diwajibkan melaksanakan Zakat Fitrah dan Zakat Mal, dan ini menjadi perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal yang paling utama.

Syarat Zakat Fitrah adalah seseorang yang beragama Islam tentunya, kemudian ia yang sudah lahir sebelum terbenam matahari pada hari terakhir di bulan Ramadhan. Dalam artian seorang bayi yang baru lahir di bulan Ramadhan tetap diwajibkan berzakat fitrah. Kemudian syarat ketiga adalah mempunyai harta yang memang bisa untuk dizakatkan.

Sedangkan syarat seseorang yang akan Zakat Mal adalah tentunya pertama beragama Islam, merdeka atau bukan budak meskipun perbudakan hanya ada pada zaman dahulu, hak milik sempurna, mencapai nisab, dan harta tersebut yang akan dizakatkan sudah dimiliki selama satu tahun, kecuali buah dan tanaman.

• Manfaat Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Meskipun Zakat Fitrah dan Zakat Mal sama-sama berarti zakat, tetapi keduanya mempunyai manfaat yang spesifik.

Zakat Fitrah bermanfaat untuk membantu orang-orang yang memiliki ekonomi lemah serta membersihkan hati orang yang berzakat agar ia memahami bahwa masih banyak orang-orang yang membutuhkan dan kesulitan dalam bidang ekonomi.

Sedangkan Zakat Mal bermanfaat yang pertama untuk membantu orang yang lemah, membersihkan diri bahwa sebagian harta kita juga hak bagi orang lain karena semua yang kita miliki adalah titipan Tuhan, sebagai ungkapan rasa syukur, menanamkan sifat pemurah serta menghindarkan sifat kikir

Sebagai perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal yang perlu dipahami telah disampaikan diatas. Ada manfaat masing-masing Zakat Fitrah sehingga barang yang diberikan berbeda serta penentuan waktunya juga berbeda. Jika untuk Zakat Fitrah adalah berupa beras, maka Zakat Mal adalah harta seperti. Harta yang bisa untuk Zakat Mal diantaranya yaitu emas, perak, hasil pertanian, hasil tambang, dan hewan ternak. Sumber

Kamu Wajib Tahu - Inilah Perbedaan Zakat Fitrah Dan Zakat Mal Beserta Manfaatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andre