Anda Harus Tahu! Bahwa Pisang Yang Berbintik Ternyata Lebih Ampuh Lawan Sel Kanker

Sering kita ketahui bahwa pisang yang sudah sangat matang maka kulitnya akan terlihat cenderung lebih gelap dan berbintik. Selain itu, teksturny juga sudah sangat lembek bahkan sudah sedikit bonyok. Jadi tak heran jika kebanyakan orang akan menghindarinya, bahkan akan membuangnya.

Namun jika Anda tahu, bahwa berdasarkan penelitian ilmiah dari para ahli, sebenarnya pisang yang berbintik dikarenakan sudah terlalu matang ternyata lebih berkhasiat dalam melawan sel kanker. Benarkah demikian?

Menurut penelitian ilimiah di Jepang sana, pisang yang sudah matang dan terdapat bercak-bercak hitam pada kulitnya itu bisa menghasilkan zat TNF (Tumor Necrosis Factor). Dimana zat ini memiliki kemampuan untuk memerangi sel-sel abnormal didalam tubuh manusia. Namun kelebihan seperti ini hanyalah dimiliki pada pisang yang berkulit kuning saja.

Dan yang lebih mengherankan lagi, semakin gelap warna kulit pisang maka akan bertambah tinggi kualitasnya. Seperti, sebagai peningkat imunitas dan juga mengandung senyawa anti kanker.

Bahkan bukan hanya itu saja, pisang yang memiliki kulit kuning dan sudah berbintik karena kematangannya ternyata juga lebih mampu meningkatkan kadar sel darah putih di dalam tubuh jika dibandingkan dengan pisang berkulit hijau.


Hasil penelitian tersebut merupakan sebuah fakta yang membuktikan akan kandungan gizi pada buah-buahan, meskipun buah-buahan tersebut sudah lebih matang. Dan tim peneliti dari Jepang ini menggunakan buah pisang untuk membuktikan hasil penelitiannya.

Namun sayangnya, meskipun pisang yang kulitnya berbintik dikarenakan kematangannya itu bisa lebih ampuh melawan sel-sel kanker namun afek samping akan ditemukan pada orang yang memiliki penyakit diabetes.

Seperti yang dilansir di livestrong.com, bahwa perubahan warna pada pisang ini akan menyebabkan perubahan kadar pati menjadi gula sederhana yang mudah dicerna dan dapat meningkatkan kadar glukosa darh dengan cepat.

Dengan sebab dan alasan itulah pisang yang sudah terlalu matang bahkan sudah agak bonyok tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Bahkan kadar nutrisinya seperti vitamin dan mineral juga semakin menurun atau berkurang jika pisang tersebut sudah terlalu matang.

Pisang berkulit kuning maupun berkulit hijau diketahui mengandung serat ynag tinggi, kalium, vitamin B6 dan juga mengandung vitamin C. Nilai kalori dan kadar gulanya juka cukup tinggi, dari setiap buahnya mengandung kalori sekitar 105 kkal.

Jadi supaya asupan kalori tidak menjadi berlebihan didalam tubuh maka mengonsumsi pisang dianjurkan hanya sekali dalam satu hari. Sekian, semoga bermanfa’at.

Anda Harus Tahu! Bahwa Pisang Yang Berbintik Ternyata Lebih Ampuh Lawan Sel Kanker Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andre